Situs ini adalah sarana komunikasi bagi mahasiswa Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral, Universitas Trisakti yang mengambil matakuliah elektif Oseanografi-MGD215.

Monday, April 03, 2006

Tentang Matakuliah Oseanografi MGD215

Diskripsi Matakuliah

Matakuliah ini memberikan pengenalan antar disiplin mengenai oseanografi yang terdiri dari oseanografi geologi, oseanografi fisika, oseanografi kimia, dan oseanografi biologi. Secara khusus, penekanan diberikan pada pemahaman proses-proses pantai dan interaksi manusia dan laut.

Topik-topik yang diberikan meliputi: Pengertian oseanografi dan ilmu-ilmu terkait; Peralatan-peralatan dan berbagai metode dasar penelitian oseanografi; Teori pembentukan samudera, morfologi dasar laut, dan sedimen dasar laut; Sifat-sifat fisika dan kimia air laut; Gerakan air laut: gelombang, pasang surut, dan arus; Organisme laut: bakteri, plankton, bentos, dan nekton; Lingkungan laut, ekosistem laut, rantai makanan, dan siklus biogeokimia; Ekosistem pesisir daerah tropis; Proses pantai dan neraca sedimen; Manusia dan Laut.


Sasaran Matakuliah

Setelah mengikut kuliah ini, diharapkan para mahasiswa dapat:
  1. Memberikan diskripsi tentang beberapa proses penting yang terjadi di samudera dan daerah pesisir.
  2. Memberikan analisis sederhana dan diskripsi tentang: (1) keseimbangan interaksi antara darat dan laut, (2) pengaruh aktifitas manusia terhadap wilayah pesisir.
  3. Secara garis besar dapat mengetahui hewan dan tumbuhan laut yang bernilai ekonomi dan berperanan penting terhadap kondisi lingkungan laut, dan faktor-faktor yang mmpengaruhi kelimpahan dan penyebarannya.
  4. Secara garis besar mengetahui tentang ekosistem pesisir daerah tropis dan peranannya di dalam lingkungan pasisir.
  5. Secara garis besar mengetahui sumber-sumber dan macam-macam bahan pencemar, dan memahami bagaimana cara bahan pencemar masuk ke dalam lingkungan laut.
  6. Mengetahui dan memahami laut sebagai sumberdaya dan sumber bencana bagi manusia.

Cara Penilaian

Nilai akhir dari kuliah ini ditentukan berdasarkan ketentuan berikut:
  1. Ujian Akhir Semester - 40%
  2. Ujian Tengah Semester - 20%
  3. Tugas-tugas terstruktur, 3 kali, @ 10% - 30%
  4. Kehadiran di dalam kelas - 10%

Ujian Akhir Semester maupun Tengah Semester dilaksanakan dengan sistem Buku Terbuka.

Silabus

  1. Pendahuluan: Definisi, Disiplin ilmu terkait, Alasan mempelajari oseanografi, Peralatan dan metode penelitian dasar oseanografi.
  2. Samudera: Definisi, Teori pembentukan samudera, Sejarah pembentukan samudera, Morfologi dasar laut, Sedimen laut.
  3. Sifat-sifat Air Laut: Sifat air tawar; Sifat air laut: temperatur, salinitas, dan densitas; Rambatan suara di laut; Sinar di laut; Warna laut; Unsur inorganik dan organik di laut; Gas terlarut di laut.
  4. Gerakan Air Laut: Teori, sifat dan macam-macam gelombang; Penyebab, tipe dan variasi pasang surut; Arus permukaan, sirkulasi termohalin, dan macam-macam arus.
  5. Lingkungan Laut: Sifat-sifat air laut; Karakteristik samudera; Klasifikasi lingkungan laut; Karakter lingkungan laut.
  6. Kehidupan di Laut: Klasifikasi organisme; Bakteri; Fitoplankton; Zooplankton; Flora bentos; Fauna bentos; Nekton.
  7. Ekologi Laut: Ekosistem; Produktifitas primer; Rantai makanan; Siklus biogeokimia.
  8. Ekosistem Pesisir Daerah Tropis: Ekosistem mangrove; Ekosistem padang lamun; Ekosistem terumbu karang.
  9. Proses Pantai: Definisi; Sel pantai; Proses gelombang; Sistem arus; Bentuk-bentuk erosional; Bentuk-bentuk deposisional.
  10. Neraca Sedimen Litoral: Keseimbangan muatan sedimen; Sumber-sumber muatan sedimen; Cara-cara sedimen keluar dari sel pantai; Keseimbangan erosi dan deposisi.
  11. Manusia dan Laut: Laut sebagau sumberdaya; Laut sebagai sumber bencana; Pencemaran laut; Eksplorasi laut.

Buku Teks

Tidak ada satupun buku teks yang dapat memenuhi semua kebutuhan silabus di atas. Oleh karena ini untuk keperluan kuliah ini bahan-bahan diambil dari berbagai sumber, termasuk dari internet. Sumber-sumber tersebut diberikan pada bagian akhir setiap materi tertulis yang diberikan di akhir setiap pertemuan kuliah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home